HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi Sobat Holopis pencinta film lawas atau jadul, jangan sampai ketinggalan film komedi romantis yang menyentuh hati satu ini. Dirilis pada tahun 1977, kita bisa melihat kehidupan di Amerika Serikat pada tahun 70an, lengkap dengan gaya rambut mengembang ikonik, dan mobil jadulnya.

Film ini dibintangi oleh Richard Dreyfuss, Marsha Mason, dan Quinn Cummings.
Sangking bagusnya penampilan Richard Dreyfuss di film ini, ia berhasil menjadi pria termuda pertama yang memerankan piala Oscar, di usia ke-30 tahun.

Film ini bercerita tentang seorang janda yang berprofesi sebagai penari bernama Paula McFadden (Marsha Mason) dan anaknya, Lucy (Quinn Cummings).

Hati Paula hancur saat kekasih aktornya, Tony tiba-tiba pergi meninggalkan apartemen tanpa pamit.

Paula dan putrinya
Paula dan putrinya [Foto: Warner Bros]

Ia pun berjanji untuk tidak lagi berpacaran dengan seorang aktor. Namun kehidupan Marsha berubah saat terpaksa harus berbagi apartemen dengan teman aktor mantan kekasihnya, Elliot Garfield (Richard Dreyfuss).

Awalnya, Marsha dan Elliot sama-sama sering bertengkar karena kesalahpahaman di pertemuan pertama mereka.

Namun rasa kesal mereka pun luluh secara perlahan ketika Elliot mulai memperlakukan Marsha dengan baik. Marsha pun mulai menurunkan benteng perasaannya, hingga dihantui oleh rasa takutnya dari masa lampau.

Meskipun dirilis tahun 1977, film ini sudah ada versi lebih jernih sehingga menikmatinya pun tidak terlalu jauh berbeda dari film-film lama sebelumnya.

Banyak lelucon dan problema yang masih bisa relate di zaman sekarang, yang membuat film ini menjadi timeless.

Endingnya juga membuat hati terenyuh seperti ending kebanyakan film komedi romantis. Kematangan penulisan film terbukti dari keberhasilan The Goodbye Girl yang berhasil menjadi film komedi romantis pertama yang meraup keuntungan sebanyak 100 juta dollar.

Holopis.com memberikan The Goodbye Girl nilai sebesar 8/10. Jangan sampai ketinggalan nih film klasik satu ini.