Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizBela Sri Mulyani soal Harta Dirjen Pajak Melonjak

Bela Sri Mulyani soal Harta Dirjen Pajak Melonjak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani memberikan pernyataan terkait harta kekayaan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo yang melonjak drastis hanya dalam kurun waktu 4 (empat) tahun.

Bendahara negara itu pun membantah asumsi yang menyebutkan lonjakan harta kekayaan anak buahnya itu bukan karena korupsi, melainkan dari apresiasi harga tanah yang terjadi setiap tahunnya.

“Saya tanya sama Pak Suryo kenaikannya karena apa? Kenaikan karena harga tanah bukan korupsi. Coba rumahnya Pak Chairul Tanjung yang ada di Menteng itu belinya berapa? Sekarang harganya berapa?” kata Sri Mulyani dalam sebuah diskusi yang dikutip Holopis.com, Selasa (28/2).

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di KPK, harta kekayaan Suryo Utomo pada 2017 tercatat hanya sebesar Rp6,13 miliar. Namun pada tahun 2021, harta Dirjen Pajak tersebut melonjak menjadi Rp14,4 miliar.

Sebagaimana diketahui, harta kekayaan para pejabat tinggi negara, khususnya di instansi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menjadi sorotan publik. Hal itu bermula dari kasus penganiayaan yang menyeret anak pejabat pajak, Mario Dandy Satriyo.

Kasus tersebut berbuntut pada terkuaknya harta kekayaan ayahanda Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo yang terbilang jumbo, yakni Rp56,1 miliar. Kemudian pada akhirnya, nama DIrjen Pajak, Suryo Utomo ikut terseret setelah fotonya mengendarai motor gede (moge) bersama jajaran DJP lainnya beredar di jagat maya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.