HOLOPIS.COM, JAKARTA – Empat orang pesepeda road bike terkam dalam sebuah video viral, masuk ke jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) melalui Gerbang Tol Pondok Gede. Padahal, kondisi jalan tol saat itu dalam keadaan ramai.

“Rekaman video yang memperlihatkan rombongan pesepeda road bike melintasi jalan tol, viral di media sosial. Empat orang pesepeda itu beriringan masuk Tol Jakarta-Cikampek (Japek) melalui Gerbang Tol Pondok Gede,” tulis akun Instagram @kabarnegri yang dikutip Holopis.com, Senin (27/2).

Aksi keempat pesepeda itu, juga terekam CCTV yang ada di jalan tol. Menurut Plt Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol, Nouval M Rizky kejadian itu terjadi pada 25 Februari 2023 pukul 14.25 WIB.

“Terpantau dari CCTV, rombongan sepeda masuk melalui Gerbang Tol Pondok Gede Barat pada hari Jumat 25 Februari 2023 pukul 14.25 WIB,” kata Nouval dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Senin (27/2).

Peristiwa itu sangat disayangkan pengelola jalan tol, karena rambu larangan sepeda masuk jalan tol sudah terpasang namun mereka tidak menghiraukan hal tersebut.

“Larangan sepeda melintasi jalan tol telah dipasang di akses masuk jalan tol, dengan tujuan untuk menjaga keselamatan pesepeda dan pengguna jalan tol lainnya. Sangat disayangkan jika pengendara sepeda kurang memperhatikan adanya rambu-rambu tersebut,” tegas Nouval.

Naouval menambahkan, tindakan para pesepeda itu cukup berbahaya. Karena, spesifikasi jalan tol dirancang untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Jalan tol sebenarnya berbahaya bila dilewati non kendaraan bermotor sebab spesifikasi rancang bangunnya ditujukan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih,” pungkasnya.

https://www.instagram.com/reel/CpHJfb5ppXa/?igshid=NmE0MzVhZDY=