HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI, Nur Nadlifah menyoroti masih banyaknya daerah yang belum mencapai target vaksinasi atau imunisasi dasar lengkap pada anak.

Untuk itu, dia mengingatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk meningkatkan capaian cakupan vaksinasi dasar lengkap pada tahun 2023 ini.

Adapun sejumlah daerah tersebut, kata Nadlifah, seperti Aceh, Papua Barat, Sumatera Barat, Jakarta dan lainnya. Sejumlah daerah tersebut ternyata belum memenuhi target hingga ke atas level 90 persen.

Nadlifah pun menyarankan Kemenkes segera melakukan pemetaan (mapping) untuk menangani persoalan tersebut secara sistematis.

“Ini kita mendorong pemerintah untuk mapping, kemarin daerah mana yang capaian vaksinasi dasarnya rendah. Sehingga hal tersebut harus di-treatment khusus, sehingga mendapat perhatian ke daerah itu,” kata Nadlifah dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Senin (27/2).

Adapun mapping tersebut, kata dia, merupakan langkah antisipasi agar kejadian luar biasa polio di aceh tak terulang lagi.

“Jangan sampai terjadi kayak kejadian luar biasa di Aceh,” pesannya.

Nadlifah pun mendesak pemerintah untuk menyediakan dan mengawasi pemenuhan vaksinasi dasar lengkap anak. Sebab, capaian target vaksinasi dasar lengkap hanya bisa dilakukan bila ketersediaan vaksin di seluruh wilayah dapat terpenuhi.

“Saya sendiri sering menerima keluhan masyarakat. Kalau mereka membawa anaknya untuk imunisasi, ini vaksinnya tidak ada,” pungkasnya.