HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sebanyak 22 Stadion sepak bola di Indonesia telah diaudit dan dievaluasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Salah satunya turut mengungkapkan kondisi terkini mengenai Stadion Kanjuruhan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat meninjau Kawasan 1B, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Jumat (24/2).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi juga oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN sekaligus Ketum PSSI Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

“Sesuai dengan perintah saya kepada Menteri PU untuk mengaudit stadion sepak bola kita, ada 22 stadion,” ungkap Presiden Jokowi, sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com, Jumat (24/2).

Lanjutnya, Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa 22 stadion tersebut merupakan stadion dengan risiko tinggi untuk penyelenggaraan Liga 1, Liga 2, hingga Piala Dunia U-20 2023.

“22 stadion dengan kapasitas kurang lebih 20 ribu penonton dengan risiko tinggi selama Liga Satu dan Liga Dua dan juga untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023,” katanya.

Kemudian, Presiden Jokowi mengungkapkan dari 22 stadion, lima diantaranya dinilai rusak berat dengan empat diantaranya perlu dilakukan rehabilitasi dan satu stadion lainnya perlu dibongkar.

“Kemudian 13 stadion rusak sedang perlu direnovasi, dan 4 stadion rusak ringan perlu direnovasi ringan,” ucapnya.

Terkait Stadion Kanjuruhan, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kini masih dalam proses perancangan ulang.

“Ini baru dalam proses redesign untuk rehabilitasi totalnya,” pungkas Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, sejak terjadinya peristiwa menyayat hati Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang, renovasi stadion-stadion sepak bola di Indonesia jadi salah satu fokus perhatian pemerintah.

Terlebih lagi, gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia akan segera bergulir tak lama dari sekarang, tepatnya pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023 mendatang.