HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ikan lele ternyata punya manfaat untuk kesehatan anak, seperti yang diungkapkan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), bahwa ikan lele jauh lebih baik dibandingkan daging sapi yang harganya mahal.

Dikutip Holopis.com dari Alodokter, Senin (20/2), ikan lele ternyata punya banyak kandungan nutrisi. Seperti protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin seperti vitamin A, B1, dan B12.

Manfaat yang bisa didapatkan bila rutin mengkonsumsi ikan lele, antara lain :

1. Mencerdaskan otak
Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan lele, bermanfaat untuk mencerdaskan otak serta membuat anak terhindar dari gangguan daya ingat alias mudah lupa.

2. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh
Protein yang terkandung di ikan lele, bisa jadi sumber energi untuk menunjang aktivitas anak sehari-hari. Selain itu, juga berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot dan sistem imun, serta menjadi bahan penyusun beragam hormon dan enzim tubuh.

Sebagai informasi, setiap 100 gram terdapat kandungan protein sebanyak 18 gram. Kebutuhan protein anak usia dibawah 4 tahun, yakni 13 gram. Itu artinya untuk memenuhi protein anak, bisa membaginya dari 100 gram ikan lele ini ke dalam 3 porsi waktu makannya.

3. Mencegah anemia
Ikan lele sebanyak 100 gram dalam sehari telah mencukupi asupan vitamin B12 harian buah hati. Vitamin B12 yang terkandung pada ikan lele ini memiliki peranan penting dalam produksi sel darah merah. Oleh karena itu, vitamin ini penting untuk dicukupi kebutuhannya guna mencegah anemia pada anak.

4. Menyehatkan tulang dan gigi
Ikan lele adalah salah satu sumber vitamin D dan kalsium yang mudah dijumpai. Vitamin D dan kalsium ini berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi anak.

Dengan mencukupi kebutuhan harian vitamin dan mineral ini sejak masa pertumbuhan, tulang dan gigi anak bisa tumbuh dengan optimal, dan risiko ia mengalami osteoporosis serta masalah gigi di kemudian hari juga akan berkurang.

5. Menyehatkan jantung
Perlu diketahui, bahwa penyakit jantung tidak hanya mengintai orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengalami penyakit ini. Untuk menjaga jantung anak tetap sehat, asupan protein dan asam lemak omega-3 dari ikan, termasuk ikan lele, bisa menjadi salah satu kuncinya.

6. Melindungi sistem saraf
Ikan lele termasuk jenis ikan yang rendah merkuri. Dalam kadar yang tinggi, merkuri bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti kerusakan saraf, terutama pada anak-anak.