HOLOPIS.COM, JAKARTA – Realme GT Neo5 yang dirilis di China, memiliki teknologi pengisian baterai berdaya 240W. Handphone tersebut, diklaim jadi yang pertama di dunia dengan charger 240W.

Selain itu, handphone ini mengadopsi desain sistem pencahayaan RGB transparan yang membawa tren dalam hal tampilan desain dan teknologi.

“Realme akan menghadirkan teknologi pengisian cepat 240W dan desain RGB transparan di pasar global melalui smartphone dengan nama realme GT 3, yang juga akan hadir di Indonesia,” ujar President of Realme International Business Group, Madhav Sheth dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (12/2).

“Terobosan inovasi tersebut akan memberikan standar baru pengisian daya di era yang serba cepat, serta perspektif baru akan visual dari sektor performa. Langkah ini pun menjadikan realme sebagai brand smartphone pertama yang berani mewujudkan konsep teknologi ke produk massal sehingga bisa langsung dirasakan oleh semua orang,” sambungnya.

Charger 240W, akan bekerja dengan maksimal dengan kabel khusus dengan arus maksimal 12A, juga ada teknologi GaN (gallium nitride) yang membuat ukuran chargernya relatif kecil.

“Dengan daya sebesar itu jika tak menggunakan teknologi GaN, maka ukuran chargernya akan sangat besar,” kata Madhav Sheth.

Realme juga menjanjikan kalau charger tersebut dilengkapi 60 lapisan perlindungan dan bersertifikasi TUV Rheinland untuk ketahanan baterainya. Yaitu bisa mempertahankan 80 persen kapasitas setelah 1.600 siklus pengisian daya.

Realme GT Neo5 1
Realme GT Neo5 dibekali charger 240W. [Foto : Ist]
Spesifikasi :

Realme GT Neo5 memggunakan chip Snapdragon 8+ Gen 1 yang menggunakan RAM 16Gb dan storage 256GB atau 1TB. Layarnya 6,74 inch AMOLED dengan refresh rate 144Hz.

Pada bagian belakang terdapat 3 (tiga) kamera, yaitu kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX890, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera selfienya 16MP yang tersimpan di punch hole bagian tengah atas layar.

Dengan daya 240W itu, baterai 4.600 mAh yang dipakai Realme GT Neo5 bisa diisi dari kosong ke 20 persen dalam waktu 80 detik, 50 persen dalam 4 menit, 100 persen dalam waktu kurang dari 10 menit. Oh ya, HP ini juga bisa menerima standar pengisian daya VOOC ataupun SuperVOOC lewat port USB-Cnya.

Di bagian belakang HP tersimpan LED RGB yang bisa berfungsi sebagai lampu notifikasi dan warnanya bisa diatur sesuka hati. Misalnya akan menyala merah saat baterai di bawah 20 persen, dan lain sebagainya.

Di China HP dengan tiga pilihan warna ini (putih, hitam, ungu) dijual dengan harga mulai USD 470 atau Rp 7 juta untuk varian 16GB/256GB, dan USD 515 untuk varian 16GB/1TB.