HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memerintahkan anak buahnya untuk berbuat maksimal dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Yudo bahkan menyarankan agar penggunaan dukun bisa digunakan sebagai salah satu bantuan untuk memadamkan api yang setiap tahun menjadi bencana rutin.

“Kalau perlu cari dukun, biar hujan terus menerus tiap hari sehingga tidak terjadi karhutla. Khususnya, di Riau, Kalimantan. Mulai sekarang sudah siapkan dukun mana saja yang harus dipanggil supaya bisa mendatangkan hujan,” kata Yudo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (10/2).

Yudo menegaskan, koordinasi dengan semua pihak penting dilakukan agar instruksi dari Presiden Jokowi bisa direalisasikan.

“Libatkan semuanya untuk mengatasi karhutla. Jangan diselesaikan sendiri kalau memang butuh bantuan, kirim pesawat tempur, apa namanya rekayasa cuaca supaya hujan di situ supaya tidak kebakar, gunakan sarana prasarana,” tukasnya.

“Kemarin sempat diingatkan, ingat perjanjian 7 tahun lalu masih berlaku. Ini bukan menakut-nakuti, artinya dulu pernah ada perjanjian pencopotan jabatan apabila gagal mengatasi karhutla,” sambungnya.

Yudo menambahkan, jika memang anak buahnya tidak bisa menyelesaikan permasalahan kebakaran namun sudah berusaha semaksimal mungkin agar segera melapor ke dirinya.

“Kalau kita sudah semaksimal mungkin menggunakan sarana prasarana yang ada, kebakarannya masih tidak padam, kita laporkan bahwa kita sudah berusaha, laporkan kepada pimpinan, laporkan kepada saya, biar saya juga sampaikan kepada presiden,” pungkasnya.