HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mendorong agar Menteri BUMN Erick Thohir mendukung semangat untuk memberikan kebebasan kepada para pramugari yang ingin mengenakan hijab sebagai bagian dari busana dinas mereka.

“Pak Erick Thohir, kita dukung Pak Wapres. Kita menganut kebebasan beragama, bahkan menempatkan Ketuhanan sebagai sila pertama,” kata Dahnil dalam keterangannya seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (4/2).

Juru bicara Prabowo Subianto itu menegaskan bahwa setiap individu memiliki hak yang sama dalam mengekspresikan keyakinan agama mereka sendiri sesuai dengan syariat yang berjalan, di mana pun dan kapan pun.

“Jadi ekspresi keberagamaan yang sesuai, harusnya mendapat tempat di mana pun, di profesi apa pun,” tegasnya.

Statemen Dahnil ini adalah respons dari sikap Wakil Presiden KH Maruf Amin yang menilai bahwa pramugari tidak boleh dilarang untuk mengenakan hijab. Sebab, semua lembaga negara tidak ada yang melarang penggunaan hijab bagi pegawai perempuan, termasuk di Kepolisian hingga TNI.

Sehingga sangat tidak masuk akal jika di lingkungan kerja kedirgantaraan justru ada larangan penggunaan hijab.

“Sampai sekarang ini nggak ada larangan berjilbab, itu nggak ada. Jadi kalau ada larangan berjilbab, agak aneh barangkali,” tegas Kiai Maruf.