HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menyampaikan bahwa, progres persiapan penyelenggaraan olahraga Internasional di tahun 2023, yang meliputi Piala Dunia U-20, FIBA World Cup dan ANOC World Beach Games sudah berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali pasca rapat terbatas (ratas) di istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (25/1) yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Ratas Menpora Amali bersama Presiden Jokowi dan lain-lain
Ratas Menpora Amali bersama Presiden Jokowi dan lain-lain. [Foto : Ist]
“Tentang pelaksanaan FIFA Under 20 World Cup saya sudah laporkan semuanya sudah dalam keadaan siap. Dan kemudian yang kedua adalah FIBA World Cup tahun 2023 juga kemudian ada ANOC World Beach Game 2023 juga,” ucap Menpora Amali, sebagaimana rilis yang didapat Holopis.com, Rabu (25/1).

Terkait Piala Dunia U-20 2023, Menpora Amali menjelaskan bahwa secara keseluruhan kesiapan penyelenggaraan sudah dalam kondisi siap meski ada beberapa hal yang masih dalam proses penambahan.

“Secara keseluruhan, ini sudah dalam kondisi siap. Tinggal ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita, misalnya untuk FIFA Under 20 World Cup yang tadinya tidak ada acara opening dan closing tapi sekarang FIFA sudah setuju, maka itu perlu dibicarakan dan perlu mendapatkan persetujuan dari Pak Presiden,” katanya.

Menpora Amali juga menyampaikan, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun akan memastikan kesiapan stadion yang digunakan pada Piala Dunia U-20 2023 nanti.

“Kementerian PU sudah menjalankan apa yang menjadi tugasnya untuk merenovasi semua stadion. Dan tempat-tempat itu ada di GBK Jakarta, Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, kemudian GBT Surabaya, Jakabaring Palembang, kemudian Wayan Dipta Bali. Jadi nggak ada masalah,” tukasnya.

Kemudian, Menpora Amali juga menuturkan bahwa persiapan penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 yang akan dilaksanakan di Indoor Multifunction Stadium, Gelora Bung Karno sudah dilakukan dan berjalan dengan baik.

“Kemudian untuk FIBA juga nggak ada masalah karena kita sudah punya tempat yang multifunction yang akan digunakan oleh FIBA karena kita hanya jadi tuan rumah, kita tidak lolos, tidak menjadi peserta,” tambahnya.

Sementara untuk ANOC World Beach Games 2023 itu sendiri akan digelar di Bali pada 5-12 Agustus 2023 dan akan dihadiri 205 negara. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dalam kesempatan yang sama.

Dalam hal ini Okto berharap perhelatan tersebut bisa mendongkrak perekonomian Indonesia.

“Tentunya sesuai dengan arahan Bapak Presiden sejak tahun 2019 untuk menjemput kegiatan-kegiatan internasional Indonesia, diharapkan bisa mendorong perekonomian Indonesia lebih cepat lagi,” kata Okto.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada 20 Mei sampai 11 Juni. Sedangkan FIBA World Cup 2023 digelar pada 25 Agustus sampai 10 September nanti.