HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,1 yang mengguncang Lengan Utara Sulawesi dan Luwuk, Sulawesi Tengah, pada pagi tadi.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, bahwa gempa dengan kedalaman 148 kilometer (km) tersebut, dipicu deformasi dalam Lempeng Sangihe (intraplate earthquake), yang letaknya berada di bawah Teluk Tomini.

“Gempa M6,1 kedalaman 148 km guncang Lengan Utara Sulawesi dan Luwuk dalam skala intensitas IV MMI dipicu deformasi dalam Lempeng Sangihe di bawah Teluk Tomini,” kata Daryono kepada Holopis.com, Selasa (18/1).

Daryono menyebut, gempa tersebut bahkan terasa hingga Palu, Sulawesi Tengah. Tak hanya Palu, gempa juga terasa sampai ke Ternate, Maluku Utara.

“Dirasakan di Luwuk dan Ampana III-IV MMI, Kotamobagu, Kab. Gorontalo, Kota Gorontalo Pohuwato, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow, Taliabu, Bone Bolango, Boalemo, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Utara, Toli-toli, Poso III MMI, Sanana, dan Gorontalo Utara II-III MMI, Ternate, Labuha, Manado II MMI,” ucap Daryono.

BMKG mencatat gempa terjadi pada pukul 07.34 WIB pagi ini, dan berpusat berada di 69 km Tenggara Bone Bolango, dengan Titik koordinat gempa berada di 0,07 Lintang Selatan (LS) – 123,28 Bujur Timur (BT).