HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga Jawa Tengah (Jateng), khususnya di wilayah Utara Jateng untuk mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi pada hari ini.

BMKG menjelaskan, bencana hidrometeorologi tersebut meliputi angin kencang, sambaran petir, banjir hingga tanah longsor.

“Waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, sambaran petir, dll,” tulis BMKG, sebagaimana dikutip Holopis.com, Rabu (4/1).

Potensi bencana tersebut menurut BMKG, disebabkan oleh cuaca ekstrem yang terjadi pada hari ini, yakni hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang.

“Berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan tengah hingga dataran tinggi, sebagian Solo raya, dan sekitarnya,” tulis BMKG.

Adapun untuk cuaca hujan ringan hingga juga berpotensi mengguyur sejumlah wilayah Jawa Tengah pada hari ini.

Kemudian untuk prakiraan suhu udara di Jateng pada hari ini akan berkisar di rentang 20-32 derajat celcius, dengan kelembapan udara antara 65-95 persen.