Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Epidemiolog Sebut Keputusan Pemerintah Cabut PPKM Sudah Tepat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ahli epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Iwan Ariawan menilai keputusan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan keputusan yang tepat.

“Sudah tepat melihat kondisi saat ini. Keputusan pencabutan PPKM sudah didiskusikan dengan para epidemiolog,” kata Iwan dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Jumat (30/12).

Dia pun sepakat dengan pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut penularan Covid-19 di Indonesia sudah sangat terkendali. Hal itu tercermin dari sejumlah indikator yang berada di bawah standar WHO.

“Menurut data yang kami analisa, transmisi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, tingkat kematian bulanan sudah di bawah 1 persen,” katanya.

Selain itu, antibodi masyarakat terhadap virus corona berdasarkan zero survei juga sudah mencapai rata-rata 98,5 persen.

Iwan menuturkan, vaksinasi dosis dosis lengkap dan dosis ketiga atau booster sudah terbukti efektif mencegah kematian akibat Covid-19.

“Kadar antibodi di masyarakat sudah tinggi,” ujarnya.

Kendati demikian, pencabutan PPKM bukan berarti Covid-19 sudah tidak ada. Potensi lonjakan kasus tetap ada karena varian baru.

Oleh sebab itu, Iwan meminta pemerintah tidak mencabut status Covid-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang diatur melalui keputusan Presiden.

“Sehingga kita harus mencegah dengan cara pakai masker pada lokasi yang berisiko tinggi penularan Covid-19, seperti di fasilitas kesehatan, angkutan umum, dan kerumunan orang. Masyarakat juga perlu ikut vaksinasi sampai dengan booster,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru