HOLOPIS.COM, JAKARTA – Legenda sepak bola Brasil, Pele meninggal dunia di usia 82 tahun pada Kamis (29/12) waktu setempat atau Jumat (30/12) dini hari tadi WIB.

Dikutip Holopis.com dari AP News, Jumat (30/12), pusat medis tempat Pele dirawat, yakni Albert Einstein di Sao Paulo, mengatakan bahwa legenda sepak bola Brasil itu meninggal dunia karena kegagalan banyak organ akibat kanker yang dideritanya.

Diketahui bahwa Pele memiliki riwayat penyakit serius, dimana ia sudah menjalani perawatan kanker usus besar sejak 2021 lalu.

Kabar lain bahkan mengungkapkan bawa Pele memiliki riwayat penyakit jantung dan ginjal, yang memperparah kondisinya saat ini.

Pemakaman Pele direncanakan bakal digelar pada hari Senin dan Selasa. Sebelum dimakamkan, peti matinya akan dibawa mengitari jalan-jalan wilayah Santos, Brasil, tempat dimana Pele memulai karir cemerlangnya.

Ada pun pengumuman meninggalnya Pele tercantum dalam akun Instagram resminya, dengan balutan kata menyentuh.

“Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pelé, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson memukau semua orang dengan kecemerlangannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan pekerjaan sosial di seluruh dunia, dan menyebarkan apa yang paling diyakini sebagai obat untuk semua masalah kita: cinta.,” tulis caption Instagram @Pele.

“Pesan Anda dalam hidup akan menjadi warisan bagi generasi yang akan datang. Cinta cinta dan cinta selamanya,” tambahnya.

“Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pelé, yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan pekerjaan sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang paling diyakini sebagai obat untuk semua masalah kita: cinta,” pungkasnya.

https://www.instagram.com/p/Cmw1zFLukh6/

Sebagai informasi, Pele merupakan salah satu legenda sepak bola paling dikenal sampai saat ini, ia berhasil membawa Brasil juara Piala Dunia pada tahun 1958, 1962 dan 1970.

Pele juga jadi salah satu pencetak gol terbanyak Brasil dengan mengoleksi 77 gol selama 92 pertandingan.