Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gambar Peringatan di Kemasan Rokok Bakal Diperbesar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah berencana untuk mengatur sejumlah ketentuan terkait rokok dan produk tembakau, salah satunya terkait gambar peringatan yang ada di kemasan kemasan rokok tembakau.

Rencana itu telah dimuat dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023.

Dalam Keppres tersebut, Pemerintah berencana untuk memperluas gambar dan tulisan peringatan bahaya merokok yang biasanya terdapat pada kemasan rokok tembakau.

“Penambahan luas prosentase gambar dan
tulisan peringatan kesehatan pada kemasan
produk tembakau,” bunyi poin pertama pokok materi muatan yang dikutip Holopis.com dari Keppres tersebut, Senin (26/12).

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk menerbitkan peraturan terkait larangan penjualan rokok batangan.

“Pelarangan penjualan rokok batangan,” bunyi poin ketiga.

Namun, belum diketahui pasti mengenai penjualan rokok batangan yang dimaksud, apakah penjualan eceran atau penjualan rokok produk tembakau berbentuk batangan.

Aturan lain yang akan dibentuk yakni mengenai pelarangan serta pengawasan iklan produk tembakau juga akan dibentuk oleh pemerintah, serta penegakan dan penindakan soal pengaturan kawasan tanpa rokok.

Kemudian mengenai rokok elektrik yang saat ini marak beredar di masyarakat, khususnya di kalangan remaja juga akan dibuat sejumlah ketentuannya.

Adapun aturan-aturan baru tentang rokok dan produk tembakau itu diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan, yang merupakan turunan dari Pasal 116 UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru