HOLOPIS.COM, KARANGANYAR – Bencana banjir dan longsor melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di Kabupaten Karanganyar hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, bencana yang terjadi sejak Jumat (23/12) itu bermula ketika tingginya intensitas hujan di kawasan tersebut.

“Satu warga meninggal dunia akibat tertimbun tanah longsor dan saat ini telah dievakuasi petugas,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (24/12).

Abdul menjelaskan, kejadian longsor terjadi di Dusun Karanglo, Desa Sidomukti, Kecamatan Jenawi, setelah hujan deras mengguyur kawasan itu.

Banjir yang terjadi di beberapa titik di Kecamatan Jenawi, yaitu teridentifikasi di Dusun Nglebak, Desa Lempong. Akibatnya, tanah longsor merusak tempat tinggal dan talud di sekitar bangunan rumah warga.

Sedangkan banjir melanda beberapa kawasan di Desa Jati, Kecamatan Jaten. Peristiwa ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

“Debit air akibat hujan lebat akhirnya merusak tanggul sungai. Kondisi ini menyebabkan sejumlah rumah warga tergenang banjir. 53 KK yang rumahnya terendam banjir dengan ketinggian muka air antara 70 – 100 cm,” jelasnya.