HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat, Mohammad Ridwan Kamil telah melakukan kunjungan kerja ke DKI Jakarta. Agenda pertemuan dengan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tersebut adalah untuk membahas beberapa hal terkait dengan tata kelola wilayah, sekaligus bersilaturrahmi secara langsung.

“Kalau bertemu (langsung) baru sekarang, semoga Pak Heru bisa menjalankan tugas dengan baik, membawa Jakarta lebih baik dan lancar,” ucap Kang Emil di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat seperti dikutip Holopis.com, Selasa (20/12).

Pria yang karib disapa Kang Emil tersebut mengungkapkan, bahwa di dalam pertemuan tersebut dirinya bersama Pj Heru membahas terkait permasalahan-permasalahan di daerah perbatasan ibu kota atau kawasan penyangga ibu kota baik Bekasi, Bogor, dan Depok untuk disinkronkan.

Sebagai contoh, urusan banjir Jakarta yang sebagian airnya berasal dari kawasan Bekasi dan Depok. Sehingga dibutuhkan dukungan dari APBD DKI untuk wilayah tersebut.

“Saya kira apa yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dengan apa yang terjadi di sekelilingnya, penyangga Jakarta,” urainya.

Eks Wali Kota Bandung ini juga menyampaikan terima kasih kepada Pemprov DKI yang telah mengucurkan dana hibah dari APBD untuk wilayah Depok dan Bogor.

Dana tersebut, kata Kang Emil, dialokasikan untuk memperbaiki danau dan sungai, sehingga ke Jakarta lebih aman.

Pembahasan lain dalam pertemuan hari ini adalah persoalan kependudukan. Sebab ada warga yang ber-KTP Jawa Barat tinggal di DKI Jakarta.

“Dan saya harus cek, apakah mereka baik-baik saja atau gimana. Saya kira banyak yang dibicarakan terkait dua hal tadi,” pungkasnya.