Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dies Natalis ke-73, UGM Buat Program Strategis Hadapi Tantangan Global

HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) memperingati Dies Natalis ke-73. Dalam Dies Natalis ke-73, UGM mengangkat tema Pangan Berdaulat Bangsa Bermartabat. Tema ini tidak terlepas dari persoalan terkait pangan yang kini tengah menjadi perhatian global.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Ova Emilia menegaskan pihaknya tetap berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi bagi berbagai persoalan yang dihadapi Indonesia, termasuk tantangan global di tengah ancaman resesi tahun depan

“UGM sebagai universitas terkemuka di tanah air terus dituntut untuk ikut berkontribusi dalam merespons berbagai dinamika dan tantangan sosial politik ekonomi kontemporer baik yang terjadi di level global, regional, nasional, maupun lokal,” ucap Ova kepada Holopis.com di Grha Sabha Pramana, Senin (19/12).

Ova memaparkan, dunia menghadapi berbagai tantangan akibat beragam persoalan. Mulai dari dinamika geopolitik internasional, situasi kesehatan, perubahan iklim, ketidakpastian ekonomi global, serta menguatnya kembali pola-pola kepemimpinan dan sistem politik yang anti-demokratis.

Ova menjelaskan, UGM akan melakukan sejumlah program strategis untuk merespons berbagai tantangan global tersebut. Termasuk untuk mendukung kepemimpinan Indonesia di tingkat global di tahun mendatang.

Lebih lanjut Ova menerangkan, program pertama, UGM akan melakukan riset transdisipliner dan advokasi sosial terkait isu perubahan iklim, kesehatan, dan transisi energi bersih.

Kedua, UGM secara aktif akan mengembangkan forum-forum kebijakan untuk mendukung penyelesaian berbagai masalah nasional dan memperkuat kontribusi di level global.

Ketiga, UGM akan selalu mengawal tumbuh kembangnya sistem ekonomi dan sistem politik yang bertumpu pada nilai-nilai keadilan dan demokrasi.

“Kami yakin dengan kekuatan riset, inovasi, jejaring, dan semangat transdisiplin, UGM akan mampu secara aktif dan berdampak kuat untuk turut menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan yang dihadapi bangsa ini,” tuturnya.

Terkait tema dies natalis, Pangan Berdaulat Bangsa Bermartabat, Ova mengatakan, UGM sendiri telah sejak lama berkecimpung dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

Menurutnya, capaian dan inovasi yang dihasilkan berbagai elemen sivitas akademika UGM di sepanjang 2022 membuktikan komitmen UGM untuk berkontribusi memberikan solusi, baik jangka menengah maupun jangka panjang.

“Kemajuan kita sejauh ini merupakan buah capaian dari semua pihak dan kepemimpinan universitas yang secara berkelanjutan telah bekerja keras, adaptif dan tangkas, serta menghasilkan karya luar biasa, yang bermanfaat bagi UGM, pembangunan bangsa, dan berkontribusi menghadapi tantangan global,” ungkapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemendikbudristek Berhasil Turunkan Disparitas Akses Pendidikan Selama Satu Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kemendikbudristek berhasil turunkan disparitas akses pendidikan...

Kemendag dan Kemdikbudristek Kembali Buka Program Magang Penggerak Muda Pasar Rakyat 2024

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali membuka program magang bersertifikat Penggerak Muda Pasar Rakyat (PMPR) 2024.

Heru Budi Hartono dan Dinas Kesehatan Pantau Langsung Uji Coba MGB di Sekolah SD Jaksel

Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono mengunjungi SDN Gunung 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (3/9).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru