Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Kesal Dibilang Tak Perhatian ke UMKM

Jokowi Kesal Dibilang Tak Perhatian ke UMKM

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbukti menjadi motor penggerak perokonomian Indonesia.

Oleh karena itu menurut Jokowi, sudah seyogianya UMKM mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Sebab, ketika UMKM tumbuh, maka daya beli masyarakat pun ikut menguat.

Ke depan, Jokowi berharap agar nantinya tak ada lagi asumsi-asumsi yang menyebut pemerintah tidak pro terhadap UMKM.

“Jangan sampai ada pendapat yang mengatakan pemerintah tidak perhatian kepada yang mikro, yang kecil-kecil. Keliru besar sekali,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (19/12).

Jokowi pun menjelaskan, perhatian yang diberikan pemerintah kepada UMKM dapat dilihat dari penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang konsisten dari tahun 2007 lalu.

Dia mengungkapkan bahwa peminat KUR melalui PMN Mekar yang digulirkan pemerintah sekarang ini sudah mencapai 13,5 juta debitur. Angka tersebut melonjak signifikan jika dibanding dengan tahun 2016 yang masih 500.000 debitur.

“Target saya untuk masuk ke 2024 bisa mencapai di atas 20 juta,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan hal menarik menurut dirinya, dimana para peminat PMN Mekaar didominasi oleh ibu-ibu. Jumlahnya hampir mencapai 90 persen.

Dikatakannya, mereka rata-rata meminjam dana mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 juta. Mayoritas pinjaman tersebut digunakan untuk menjalankan usaha-usaha produktif, seperti Jualan gorengan, mie, hingga jualan di pasar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas meminta perbankan nasional, serta Himbara untuk memperbesar plafon pinjaman KUR ke depannya, dengan skema berjenjang.

“Kalau sudah bisa masuk ke PMN Mekaar lulus dari situ bagus naik masuk ke KUR. Artinya, nanti didorong ke BRI, BNI, agar plafon kreditnya bisa lebih besar,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.