Rabu, 25 September 2024
Rabu, 25 September 2024
NewsEkobizEdan, Neraca Dagang RI Surplus 31 Bulan Beruntun

Edan, Neraca Dagang RI Surplus 31 Bulan Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang Indonesia kembali mengalami surplus pada periode bulan November 2022.

Secara bulanan, surplus pada periode kali ini tercatat hanya sebesar USD5,621 miliar atau setara Rp80,6 triliun (asumsi kurs Rp15.621 per dolar AS).

“Neraca perdagangan barang mencapai surplus sebesar USD5,16 miliar,” kata Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Kamis (15/12).

Tercatat, capaian surplus pada periode ini lebih rendah dari periode sebelumnya, yakni bulan Oktober yang sebesar USD5,67 miliar atau setara dengan Rp88,2 triliun.

Kendati demikian, Habibullah mencatat surplus mengatakan capaian neraca dagang Indonesia sudah mengalami surplus selama 31 bulan berturut-turut, sejak Mei 2020.

“Neraca perdagangan Indonesia sampai dengan November 2022 membekukan surplus selama 31 bulan berturut-turut,” paparnya.

Habibullah mengatakan, surplus neraca dagang ditopang oleh kinerja ekspor yang melonjak 5,58 persen secara tahunan atau year on year (yoy), yakni sebesar USD24,12 miliar.

Sementara nilai impor sendiri hanya sebesar USD18,96 miliar atau turun 1,89 persen secara tahunan atau yoy.

Kemudian untuk neraca perdagangan komoditas nonmigas tercatat surplus USD6,83 miliar, dengan komoditas penyumbang surplus utama yakni bahan bakar mineral kode HS 27, lemak dan minyak hewan nabati kode HS 15, serta besi dan baja kode HS 72.

Sedangkan, untuk neraca perdagangan komoditas migas tercatat defisit sebesar USD1,67 miliar, dengan komoditas penyumbang defisit yaitu minyak mentah hasil minyak hasil minyak .

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Kemenkeu Kasih Sinyal Cukai Rokok Batal Naik Tahun Depan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan sinyal terkait kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) alias cukai rokok yang rencananya dijadwalkan pada tahun 2025 mendatang batal diimplementasikan.

Digiplus Resmi Hadir di Karawang dengan Dua Gerai Baru

Digiplus, unit bisnis dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), kini hadir di Karawang dengan dua gerai di Karawang Central Plaza dan The Grand Outlet.

IHSG Selamat dari Zona Merah, Perdagangan Ditutup di Level 7.778

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024, setelah sempat berada di zona merah pada perdagangan Senin (23/4) kemarin.

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.