Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Komnas HAM Rombak Tim Ad Hoc Kasus Pembunuhan Munir

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memastikan penyelidikan kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib terus berjalan.

Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM, Abdul Haris Semendawai mengatakan, pihaknya bahkan berencana untuk merombak tim ad hoc kasus tersebut, lantaran masih terdapat komisioner lama dalam tim tersebut.

“Tim ini masih bekerja. Hanya, karena dalam tim tersebut terdapat komisioner lama, yang tentu akan digantikan oleh komisioner yang baru sesuai dengan tanggung jawab kami,” kata Haris dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (10/12).

“Kami juga harus terlibat dalam proses penyelidikan,” imbuhnya.

Haris menuturkan, anggota tim penyelidikan Munir yang akan diganti diantaranya yakni mantan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik dan mantan Komisioner Komnas HAM, Sandrayati Moniaga.

Mereka, lanjutnya, akan diganti dengan anggota Komnas yang saat ini menjabat. Penggantian dilakukan dengan alasan agar tidak membebani para mantan komisioner yang sudah purna tugas.

“Karena komisioner yang lama sudah habis masa jabatannya, sehingga kita tidak ingin membebani mereka untuk kerja lagi,” tuturnya.

Sebelumnya, Komnas HAM resmi membentuk tim ad hoc untuk mengusut dugaan pelanggaran HAM berat di kasus kematian aktivis Munir Said Thalib pada September 2022 lalu.

Dalam tim tersebut, nama Ketua Komnas HAM Taufan Damanik dan komisioner Sandrayati Moniaga masuk dalam jajaran anggota.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru