HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua jajarannya, untuk memaksimalkan peringatan dini dan mitigasi bencana jelang akhir tahun 2022. Karena, adanya ancaman cuaca ekstrem.

Hal tersebut disampaikan Jokowi, saat meminpun rapat kabinet di Istana Merdeka, Selasa (6/12).

“Di penghujung tahun 2022 memasuki tahun 2023 ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, yang pertama antisipasi rencana cuaca ekstrem yang berkaitan dengan keselamatan lalu lintas,” ujar Jokowi yang dikutip Holopis.com, Rabu (7/12).

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), diminta untuk maksimalkan peringatan dini dan mitigasi bencana di seluruh daerah yang berpotensi rawan bencana.

“Memastikan negara betul-betul hadir, segerakan bantuan kemanusiaan dan juga segerakan rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa ataupun bencana lainnya apabila memang keadaan sudah memungkinan untuk segera dimulai,” tegas Jokowi.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa wilayah di Indonesia dilanda bencana mulai dari gempa bumi Cianjur, gempa bumi Garut, banjir di beberapa wialayah hingga erupsi gunug Semeru.