HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 25 November menjadi hari diperingatkannya Hari Guru Nasional. Hari peringatan tersebut menjadi bentuk untuk kita menghargai jasa guru sebagai pendidik kita di Indonesia. Namun, tahukah sobat Holopis tokoh-tokoh pahlawan kita yang juga merupakan seorang guru?

Untuk menjadi seorang guru, pengajar atau pendidik, tentu butuh tingkat kesabaran dan dedikasi yang luar biasa.

Di samping menghargai guru kita di tanggal 25 November, Hari Guru Nasional juga memperingati kita untuk menghargai jasa tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia.

Namun, tahukah sobat Holopis tokoh-tokoh pahlawan kita yang juga merupakan seorang guru? Ini dia 5 tokoh pahlawan Indonesia yang juga berprofesi sebagai guru.

1. Jenderal Soedirman
Sebelum bergabung dengan organisasi militer PETA, Jenderal Soedirman merupakan seorang guru dan kepala sekolah di Sekolah Dasar Organisasi Islam Muhammadiyah.

2. Oemar Said Tjokroaminoto

Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto merupakan seorang ulama pendiri Sarekat Islam (SI) dan juga seorang guru besar.

Ia bahkan merupakan seorang guru dari tokoh-tokoh besar seperti Alimin, Kartosuwiryo, Tan Malaka, Semaoen, dan Soekarno.

3. Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara mendirikan sekolah-sekolah dan juga menulis banyak buku demi memajukan pendidikan rakyat di Hindia Belanda. Ia juga menyebarkan ide pergerakan nasional untuk kemerdekaan.

Tokoh pahlawan yang mendirikan organisasi Indische Partij tesebut diabadikan sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan atau disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara, 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

4. RA Kartini

Disebut sebagai tokoh pejuang emansipasi wanita, RA Kartini mendirikan sekolah wanita. Sekolah tersebut menjadi perjuangannya untuk kesetaraan wanita dengan laki-laki.

5. Dewi Sartika
Dewi Sartika juga merupakan pejuang emansipasi wanita. Dewi mendirikan Sakola Istri (sekolah perempuan).