Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

4 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketumbar menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai masakan Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, rempah satu ini sangat familiar untuk menjadi bumbu dasar. Ternyata, ketumbar kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ketumbar dalam bahasa latin disebut sebagai coriandrum sativum. Rempah satu ini, banyak diperdagangkan dalam bentuk biji maupun bubuk. Bentuk bijinya hampir mirip dengan lada yang berukuran 1-2 mm.

Selain itu, ketumbar memiliki aroma yang khas yang disebabkan oleh kandungan minyak atsiri di dalamnya. Ketumbar memiliki nama dari berbagai negara di dunia, di Inggris ketumbar dikenal dengan sebutan coriander. Sementara di Amerika Latin dikenal dengan cilantro.

Dikutip Holopis.com dari situs Dinas Tph Kalsel, Jumat (25/11), berikut manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh.

Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Dari berbagai riset menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar dan air ketumbar mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ketumbar selanjutnya yakni mampu menjaga kesehatan jantung. Ketumbar dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Mampu Melawan Radikal Bebas

Senyawa fitokimia pada ketumbar, seperti terpinene, quercetin, lutein, dan flavonoid, memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat. Antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan efek radikal bebas pada tubuh.

Mampu Atasi Masalah Pencernaan

Manfaat ketumbar selanjutnya yakni atasi masalah pencernaan seperti mual, diare, dan perut kembung. Karena ketumbar mengandung serat yang bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan secara keseluruhan.

Itulah 4 manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh. Sobat Holopis yang ingin mencoba khasiat dari mengkonsumsi ketumbar bisa mengolahnya sebagai minuman herbal. Caranya dengan merebus biji ketumbar dengan air, lalu air rebusan ketumbar bisa langsung diminum.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru