HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan, hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus Polio pada anak di Jakarta.

“Belum ada kasus polio pada anak di bawah 15 tahun saat ini di DKI Jakarta,” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI, Ngabila dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (22/11).

Dia pun memastikan, capaian vaksinasi atau imunisasi polio di tahun ini sudsh berjalan dengan cukup baik.

“Kami terus sweeping atau sisir, kejar cakupan vaksinasi anak balita yang belum lengkap vaksinasinya dan memastikan setiap anak mendapat vaksin polio tetes 4x dan polio suntik 1x,” katanya.

Nantinya, Dinkes DKI juga akan memperpanjang layanan vaksinasi dalam bulan imunisasi anak nasional (BIAN) yang dilakukan di seluruh puskemas di Jakarta hingga 31 Desember 2022..

Imunisasi BIAN ini mencakup imunisasi tambahan campak rubella, imunisasi kejar meliputi polio tetes, polio suntik, pentavalen untuk DPT, hepatitis B dan hemofilus influenza tipe B.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyatakan Indonesia tengah menghadapi risiko tinggi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan bahwa hal itu terjadi lantaran ditemukannya kembali kasus Polio, sejak delapan tahun lalu menyatakan diri ‘bebas Polio’.