Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Langkah-langkah Melakukan Pukulan Smash Dalam Bulu Tangkis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tidak jarang, Sobat Holopis mencoba olahraga satu ini.

Dalam bulu tangkis, terdapat satu teknik yang wajib saat mencoba melakukan serangan yakni teknik pukulan smash.

Teknik Smash biasa digunakan untuk menekan lawan yang dalam posisi sulit dalam pertandingan. Kunci dari penggunaan teknik ini ialah pemain harus memberikan tenaga kuat dan dorongan pada shuttlecock agar bisa melaju dengan cepat dan tepat sehingga sulit dikembalikan lawan.

Smash adalah pukulan overhead yang di arahkan ke daerah lawan secara menukik dan dilakukan dengan kekuatan penuh. Untuk melancarkan Smash bisa dilakukan dengan cara stagnan (diam/berdiri) atau bisa juga dilakukan sambil melakukan lompatan

Dikutip Holopis.com dari situs PBDjarum, Rabu (16/11), berikut langkah-langkah dalam melakukan pukulan smash yang baik dan benar

  • Perhatikan posisi gerak kaki saat ingin melakukan smash.
  • Tangan, tubuh harus rileks
  • Mulailah dengan lengan yang tidak memegang raket mengarah ke shuttlecock sambil lengan yang memegang raket dinaikkan, dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan lurus sehingga raket berada di atas dan mengarah ke atas
  • Putar bahu pada lengan yang memegang raket ke depan dan ke bawah
  • Usahakan semaksimal mungkin (jika tidak melakukan jump smash) pada saat bahu berputar, ayunkan kaki secara bersamaan searah dengan arah raket.
  • Saat lengan bawah mengayun ke depan, tekuk (tekuk) pergelangan tangan.
  • Shuttlecock yang mengenai raket harus berada di tengah dengan permukaan raket yang rata. Titik fokus harus sedikit di depan.
Teknik Pukulan Smash
Langkah Dalam Melakukan Teknik Pukulan Smash Bulu Tangkis. [Gambar: Istimewa]
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Persib vs Persija : Carlos Pena Ngarep Hasil Terbaik

Duel super big match Persib vs Persija akan tersaji di hari terakhir pekan ke-6 Liga 1 musim 2024/2025. Pelatih Carlos Pena pun berharap bahwa timnya bisa meraih hasil yang terbaik pada laga tersebut.

China Open 2024 : Dejan/Gloria Kandas di Semifinal

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper dari China Open 2024, usai gagal meraih kemenangan di babak semifinal.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini : Chelsea hingga Liverpool Main, Palace vs MU

Jadwal Liga Inggris malam ini akan menyajikan sejumlah laga seru, dimana tim-tim top seperti Chelsea, Liverpool hingga Manchester United (MU) akan tampil.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru