HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sekjen PBB, Antonio Guterres menyambut baik pertemuan yang dilakukan antara Amerika Serikat (AS) dan China di KTT G20 Indonesia, Senin (14/11).

Diketahui, pertemuan Presiden AS, Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping membahas beberapa poin penting, salah satunya mengenai perubahan iklim global di dalamnya.

“Kerja sama antara dua ekonomi terbesar sangat penting bagi upaya global untuk membatasi emisi karbon yang menyebabkan perubahan iklim,” kata Guterres, seperti dikutip Holopis.com dari AP News, Selasa (15/11).

Mengenai hal itu, pihak Gedung Putih juga menjelaskan bahwa Joe Biden menggarisbawahi bahwa AS dan China harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan transnasional tersebut.

Pertemuan Presiden Joe Biden dan Xi Jinping pun meliputi ranah lainnya seperti ekonomi hingga menyentuh isu lainnya seperti perang Ukraina-Rusia hingga Taiwan.

Teruntuk isu konflik Ukraina dan Rusia, dimana AS dan China sepakat bahwa perang nuklir tidak boleh diperjuangkan dan menggarisbawahi penentangan terhadap penggunaan senjata berbahaya tersebut.

Selain itu, konflik Ukraina dan Rusia juga menjadi fokus perhatian karena berdampak pada ekspor bahan makanan.

Terkait hal ini, Guterres berharap bahwa akan timbul inisiatif baru mengenai ekspor makanan hingga pupuk dari Rusia, dimana upaya itu membantu menstabilkan pasar dan menurunkan harga pangan.

“Saya berharap upaya kami akan berhasil dan kami akan dapat menghilangkan rintangan terakhir,” tambah Guterres.