HOLOPIS.COM, BALI – Presiden RI, Jokowi menaruh harapan besar dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 kali ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua pihak.

Jokowi sebagai Presidensi G20 menegaskan, dirinya tidak mau dicap gagal sebagai tuan rumah dalam menciptakan kesepakatan yang bermanfaat positif bagi dunia.

“Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (15/11).

Jokowi kemudian mengklaim, sebagai presiden G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam dan lebar.

“Namun, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika kita semua, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia,” tukasnya.

Jokowi kemudian meminta, agar pertemuan KTT di Bali kali ini dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh masyarakat dunia.

“Mari kita perlihatkan kepada dunia bahwa kita dapat bersikap bijak, memikul tanggung jawab, dan menunjukkan jiwa kepemimpinan. Mari kita bekerja, dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger,” pungkasnya.