Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Airlangga Pamer Strategi Pemerintah Bangun IKN Nusantara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan sederet strategi pemerintah Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu disampaikan Airlangga dalam puncak acara Business 20 (B20) Summit yang merupakan bagian dari agenda puncak konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 Presidensi Indonesia, yang berlangsung di Bali.

Dia menekankan, bahwa kunci dari pembangunan IKN bernama Nusantara pasca Pandemi Covid-19 itu berkaitan dengan strategi pemulihan ekonomi yang dilakukan Indonesia.

Adapun strategi tersebut di antaranya, yakni bagaimana cara mempertahankan ketahanan pangan, meningkatkan teknologi, efisiensi bisnis, hingga transformasi lingkungan dan bisnis yang berkelanjutan.

“Pendekatan ini diadopsi dalam rencana kami untuk membangun ibu kota baru yaitu Nusantara yang akan menggabungkan keberlanjutan, mobilitas cerdas, kota cerdas, infrastruktur berkualitas, dan pengembangan sumber daya manusia,” ungkap Airlangga paparannya yang dikutip Holopis.com di Jakarta, Senin (14/11).

Dia menegaskan, bahwa pembanguan IKN merupakan peluang yang harus dimaksimalkan untuk kebaikan para generasi penerus bangsa.

“Peluang harus tentang anak-anak kita dan cicit kita,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengajak para tamu undangan yang notabene terdiri dari para pengusaha kelas dunia, termasuk Elon Musk, untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN Nusantara.

“Kami mengundang anda semua untuk menjadi bagian dari Indonesia,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih berpotensi tumbuh positif di akhir tahun ini. Pada kuartal tiga saja, kata Airlangga, ekonomi Indonesia tumbuh 5,72 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Sebagian besar pertumbuhan itu didorong oleh sektor-sektor yang telah bangkit kembali dengan baik, seperti sektor transportasi, makanan dan minuman, hingga manufaktur.

“Kami memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5,4 persen (yoy) pada tahun 2022, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru