HOLOPIS.COM, JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu kegiatan dalam mewujudkan pola hidup sehat. Dalam rutinitas kesibukan Sobat Holopis, tidak jarang mengabaikan kegiatan olahraga. Ternyata, olahraga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh, khususnya organ jantung.

Jantung berfungsi sebagai memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung akan semakin kuat dan sehat apabila pemiliknya rutin melaksanakan kegiatan olahraga.

Saat melakukan olahraga, jantung akan bekerja optimal dalam memompa lebih banyak darah keseluruh tubuh. Selain itu, jika sobat holopis melaksanakan kegiatan olahraga secara rutin akan mendapatkan manfaatnya, yakni membakar kalori, menghilangkan stres, meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, aliran darah berjalan dengan lancar.

Dikutip Holopis.com dari Halodoc, Kamis (10/11), berikut jenis olahraga untuk menjaga kesehatan jantung

Yoga

Jenis olahraga pertama yang baik untuk kesehatan jantung adalah yoga. Olahraga satu ini menggabungkan teknik peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Semua teknik tersebut sangat baik bagi jantung.

Lakukan olahraga Yoga Lakukan yoga secara teratur maka dapat membantu mengurangi tingkat stres yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Peregangan (Stretching)

Olahraga peregangan atau stretching, berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Melakukan peregangan lengan dan kaki sebelum melaksanakan aktivitas olahraga bisa membantu Sobat Holopis mempersiapkan otot-otot dalam tubuh untuk beraktivitas dan membantu mencegah terjadinya cedera dan ketegangan otot, serta meningkatkan jangkauan gerak jika dilakukan setelah berolahraga.

Aerobik

Jenis olahraga selanjutnya yang baik untuk kesehatan jantung yakni aerobik, olahraga satu ini mampu meningkatkan sirkulasi, sehingga dapat mengontrol tekanan darah dan detak jantung lebih optimal. Bahkan, aerobik bisa mengontrol tekanan darah dan detak jantung lebih optimal.

Lakukan olahraga aerobik secara rutin, maka Sobat Holopis akan mendapatkan manfaat lainnya seperti membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan pernapasan.

Zumba

Olahraga Zumba dipercaya sebagai salah satu jenis olahraga jantung, apabila Sobat Holopis melakukan zumba secara teratur, maka dapat membakar 1.000 kalori selama satu jam, asalkan dilakukan dengan benar yaitu bergerak mengikuti irama musik dan membuat jantung memompa lebih cepat.

Berenang

Jenis olahraga air yang satu ini, sangat bermanfaat untuk menunjang kebugaran kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, berenang juga mampu melatih dan memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung untuk memompa darah akan lebih optimal.