Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

KPK Bicara Kemungkinan Jemput Paksa Lukas Enembe

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menganalisis hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terhadap Lukas Enembe.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, bukan tidak mungkin jika Gubernur Papua tersebut ternyata berbohong mengenai kondisi kesehatannya, penyidik akan langsung melakukan upaya jemput paksa.

“Kalau kemudian pada saatnya memang dibutuhkan ada penjemputan paksa terhadap seorang tersangka, ya, pasti kami lakukan,” kata Ali dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (8/11).

Juru bicara KPK tersebut menjelaskan, penjemputan paksa terhadap tersangka, sangat mungkin bisa dilakukan saat mangkir dari pemeriksaan tanpa ada keterangan sedikit pun.

“Bahwa jemput paksa itu ketentuan normatif di dalam hukum acara pidana, ada ruang untuk itu. Di dalam pasal 112 Undang-undang Hukum Acara Pidana atau KUHAP itu ada. Ketika misalnya seorang tersangka mangkir tidak ada sama sekali konfirmasi pada panggilan yang pertama, yang kedua, baru yang ketiganya diambil atau dijemput paksa, itu bisa dilakukan,” jelasnya.

Ali pun kemudian kembali berdalih, mengenai apa yang dilakukan ketua KPK Firli Bahuri saat bertemu kader partai Demokrat tersebut di Papua hanya sebatas asas kemanusiaan.

“Kami tidak ingin melanggar hukum ketika menegakan hukum. Yang perlu digarisbawahi bahwa di dalam penegakan hukum itu menjunjung tinggi hak asasi manusia menjadi penting,” kilahnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru