HOLOPIS.COM, BALI – Presiden Jokowi menyatakan bahwa sudah ada 17 negara peserta yang dipastikan akan hadir di dalam pelaksanaan event G20 di Bali pertengahan November mendatang.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau sejumlah venue yang akan dijadikan lokasi rangkaian acara G20 di Bali. Jokowi pun kemudian menegaskan, di ke-17 negara tersebut, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping termasuk di dalamnya.

“Sudah, itu yang sudah pasti 17,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (8/11).

Saat dipertegas mengenai kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Jokowi pun menyatakan bahwa mereka telah menjanjikan dirinya akan hadir dalam pertemuan tersebut.

“Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” ungkapnya.

Saat kembali dipertegas mengenai kepastian seperti apa yang dibutuhkan kedua orang tersebut untuk hadir, Jokowi kemudian malah memberikan sinyal bahwa Zelenskyy akan hadir secara virtual.

“Ya tanya ke beliau yang menyampaikan bahwa beliau akan hadir apabila kondisinya memungkinkan. Tapi kalau ndak, nanti misalnya seperti presiden Zelenskyy mungkin akan minta virtual,” tukasnya.

Jokowi kemudian kembali berdalih, tanpa kehadiran kedua pihak itu saja, sebenarnya jumlah peserta yang sudah konfirmasi kehadiran ke Indonesia saja sudah lebih dari cukup.

“Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus,” dalihnnya.