HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Guru Sedunia atau World Teacher’s Day dirayakan setiap tanggal 5 Oktober untuk merayakan para tenaga pengajar di seluruh dunia.

Hari ini pertama kali didirkan pada tahun 1994 dalam memperingati penandatanganan rekomendasi dari Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Pada Rekomendasi ILO/UNESCO tentang Status Guru tahun 1996, ditetapkan standar yang membahas mengenai status serta situasi guru di seluruh dunia.

Standar tersebut berisi tentang kebijakan, kenaga kependidikan, rekrutmen, serta pelatihan awal dan pendidikan berkelanjutan guru.

Tujuan Dirayakan Hari Guru Sedunia

Perayaan Hari Guru Sedunia diselenggarakan agar membantu masyarakat untuk lebih memahami dan menghargai peran para tenaga pengajar.

Saat ini, sebanyak 100 negara ikut merayakan Hari Guru Sedunia. Bahkan beberapa negara punya perayaan khusus sendiri untik momen yang menghargai para guru tersebut.

Salah satunya seperti di India yang memperingati Hari Guru setiap tanggal 5 November, serta Australia yang merayakan hari ini saat sedang berlibur.

Diktuip Holopis.com dari laman UNESCO, Sabtu (5/11), Hari Guru Sedunia tahun 2022 memiliki tema The Transformation of Education Begins With Teachers, atau diartikan Transformasi dari Pendidikan Dimulai dari Para Guru.

Selamat Hari Guru Sedunia, Sobat Holopis!