HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komedo muncul karena sumbatan kelenjar minyak dan peradangan. Jenisnya pun terbagi menjadi dua, ada komedo hitam yang jenisnya terbuka dan ada komedo putih yang tertutup.

Sel kulit mati, sebum, dan bakteri menumpuk pada pori-pori kulit sehingga menjadi komedo. Komedo yang sifatnya sulit dibersihkan, bisa menggatal dan cukup mengganggu kenyamananmu. Tak hanya itu, seringkali kita tidak percaya diri dengan butiran komedo yang mengganggu penampilan.

Nah, sebelum membersihkan komedo, sobat Holopis perlu ketahui dulu pencegahannya, sebagai berikut.

1. Pakai Pelembab

Komedo umumnya dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Produksi minyak yang berlebihan itu sendiri diakibatkan salahnya memilih pelembab.

Jika kamu punya kulit berminyak, pakailah pelembab dengan keterangan ‘oil-free’ dan berlabel nonkomedogenik.

2. Rajin mencuci wajah

Jika kamu tidak rajin membersihkan wajah, segala kotoran, debu, dan polusi akan menumpuk di wajahmu.

Hal tersebut bisa menimbulkan komedo bahkan jerawat. Jadi, lakukanlah cuci wajah secara rutin, minimal 2 kali sehari.

3. Tidak Mengenakan Make Up terlalu Tebal

Make up terlalu tebal pada wajah juga menjadi salah satu bentuk penyebab timbulnya komedo.

4. Kurangi Makanan Berlemak

Asupan makanan yang berlemak juga bisa memengaruhi kontrol hormon pada tubuh. Sehingga, kontrol tersebut bisa mengurangi risiko timbulnya komedo dan jerawat.

5. Eksfoliasi Wajah

Kamu bisa lakukan eksfoliasi untuk membersihkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Namun, lakukanlah eksfoliasi secukupnya atau 1-2 kali seminggu.

6. Sunscreen setiap hari

Sunscreen merupakan produk paling penting dalam perawatan kulitmu. Maka, gunakanlah sunscreen untuk perlindungan paparan sinar matahari agar tidak memicu munculnya jerawat dan komedo.