Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Haris-Fatia Tak Akan Cabut Hasil Riset yang Diperkarakan Luhut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktivis Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti menegaskan, bahwa keduanya tak akan mencabut hasil riset yang menjadi diperkarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Mereka mengklaim, bahwa hasil riset yang dibagikan melalui video berjudul ‘Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya’, sudah sesuai dengan metodologi yang berlaku.

Fatia menegaskan, bahwa data yang menjadi dasar riset tersebut merupakan data yang diambil dari data data publik yang sah dan diakui.

Dikatakannya, selain dari perusahaan sendiri, data tersebut juga diambil dari lapangan dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Jadi kenapa harus dicabut. Karena itu justru yang menjadi basis atas laporan kita,” tegas Fatia kepada Holopis.com di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/11).

Hal serupa juga disampaikan oleh Haris Azhar. Menurutnya apa yang disampaikan dalam video merupakan hasil riset dengan metodologi yang benar.

Hal itu disampaikan Haris dan Fatia saat memenuhi panggilan penyidik untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka atas kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Luhut.

“Tidak ada yang bermasalah dari riset, penerbitan dan publikasi,” tukas Haris dalam kesempatan yang sama.

Bahkan, kata Haris, dirinya dan Fatia mengaku siap jika harus dipidanakan akibat penelitian tersebut.

“Jadi kalau sekarang dipidanakan segala macam, ditersangkakan, menurut saya memang ini bagian dari upaya membungkam masyarakat,” ujarnya.

Seharusnya, lanjut Haris, jika memang pihak pelapor yang dalam hal ini adalah pihak Luhut tidak terima atas hasil riset yang dilakukan, dapat membuat data tandingan. Namun hingga saat ini data tandingan tersebut tak kunjung diberikan.

“Tidak pernah ada klarifikasi dari orang atau perusahaan-perusahaan yang disebutkan dalam hasil riset itu sendiri,” tutur Haris.

Dalam kesempatan itu, Haris mengaku bahwa dirinya diperiksa penyidik kurang dari satu jam.

Dalam pemeriksaan tersebut, ada empat pertanyaan yang dinilai Haris substansial. Hanya saja, dia enggan membeberkan empat pertanyaan tersebut.

“Yang ditanyakan ke saya yang penting sih cuma empat,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru