HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan bahwa pihaknya akan segera mempercepat proses pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB).

Hal tersebut disampaikannya langsung pada Jumat (28/10) di kantor PSSI, Jakarta dalam agenda Exco Meeting, yang dihadiri oleh 12 anggota exco.

“Executive Committee melaksanakan exco emergency meeting, yang dihadiri oleh 12 anggota exco dan memutuskan untuk mempercepat kongres biasa pemilihan melalui mekanisme kongres luar biasa, sesuai tahapan aturan organisasi,” kata Iriawan, dalam keterangannya seperti yang diterima Holopis.com, Sabtu (29/10).

“Sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang kongres luar biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis, maka exco PSSI akan mulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan kongres luar biasa dalam jangka waktu selambat-lambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai,” sambungnya.

Lanjutnya, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun menyampaikan bahwa, namun Exco PSSI memutuskan untuk mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya.

“Dikarenakan exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena exco pssi adalah mandataris yang dipilih delegasi yang mewakili anggota PSSI,” imbuhnya.

“Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada Senin (31/10),” katanya.

Iwan Bule juga berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan.

“Kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 yang selama ini menjadi nafas dan marwah sepak bola di tanah air,” pungkasnya.

Diketahui, PSSI mendapat desakan dari berbagai pihak untuk segera menggelar KLB, sebagai pertanggungjawaban atas tragedi kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang.

Sebelumnya, PSSI bersikukuh dengan ketentuan yang melekat di tubuh mereka soal KLB yang akan dilaksanakan di tahun 2023. Namun terkini, PSSI akhirnya mempercepat KLB dalam waktu dekat.