HOLOPIS.COM, JAKARTA – Peran ponsel sangat besar bagi sebagian besar manusia zaman sekarang. Hal tersebut pun membuat kita selalu menggenggam ponsel selama berkegiatan. Bahkan, ponsel harus mengikuti kita di saat hujan, di kamar mandi, dapur, dan sebagainya sehingga rentan kemasukan air.

Sobat Holopis, pasti tidak jarang yang mengalami masalah ini. Namun, kamu tidak perlu langsung panik apabila hal ini terjadi. Ada beberapa tahapan yang bisa kamu ikuti sebagai penolongan pertama kepada ponselmu yang kemasukan air.

1. Segera Matikan dan Bongkar!
Ketika ponselmu kemasukan air, langsung cepatlah matikan mesin ponselmu atau jangan biarkan dalam kondisi menyala. Setelah dimatikan, bongkar segala komponen dalam ponsel yang bisa kamu lepas. Misalnya kartu sim, baterai, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting yang bisa membuat ponselmu rusak total.

2. Pengeringan Awal
Secepatnya keringkanlah seluruh bagian ponsel menggunakan kain lap atau tisu. Usahakan keringkan hingga ke bagian dalam seperti lubang USB, speaker, dan sebagainya.

3. Metode Pengeringan yang Tepat
Ada beberapa cara pengeringan yang menurut sebagian orang akan bekerja dengan baik. nyatanya, ada cara-cara tertentu yang patut kamu hindari.

Seperti, jangan mengguncang ponsel-mu karena ini akan menyebabkan air yang di dalam bisa semakin masuk. Selain itu, hindari penggunaan hairdryer atau menjemurnya di bawah matahari. Panas dari hairdryer dan cahaya matahari bisa merusak komponen dalam ponselmu.

– Rendam dalam beras
Bahan ini tentu tidak sulit untuk sobat Holopis temui. Rendamlah ponselmu ke tumpukan beras kemudian tunggu hingga 2-3 hari. Daya serap beras dapat membantumu keringkan ponsel.

– Silica Gel
Letakkan ponselmu dan timpa dengan tumpukan silica gel, kemudian tunggu beberapa hari.