HOLOPIS.COM, JAKARTA – Para Wanita tentu tak jarang yang sulit mengirakan siklus menstruasinya. Di lain sisi, ada pula wanita yang mengupayakan percepat menstruasi untuk alasan tertentu. Biasanya, upaya tersebut dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas. Misalnya untuk pergi berlibur, untuk ibadah, dan sebagainya.

Nah, ada beberapa tips yang bisa sobat Holopis ikuti untuk percepat siklus menstruasi.

1. Obat

Dikutip Holopis.com dari situs Halodoc pada Senin, (24/10), ada beberapa jenis obat yang dapat mempercepat datangnya menstruasi. Misalnya pil KB atau suntik KB yang bisa meringankan rasa nyeri ketika haid sekaligus mempercepat durasi menstruasi.

Ada pula obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang mampu mengurangi prostaglandin berlebih. Dengan obat itu, konstraksi pada otot rahim bisa meningkat. Namun, perlu dicatat bahwa penggunaan obat-obatan ini harus berdasarkan resep dokter.

2. Vitamin C

Vitamin C diduga mampu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesterone. Kondisi tersebut bisa membuat lapisan rahim luruh lebih cepat dan mempercepat haid. Dengan itu, vitamin C diduga dapat mengurangi pendarahan dan mempercepat haid.

3. Nanas

Buah nanas dikenal kaya akan bromelain, yaitu enzim yang mampu memengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Maka, nanas bisa mengatasi menstruasi yang tidak teratur yang hubungannya dengan peradangan.

4. Jahe

Jahe diduga meginduksi menstruasi karena mampu menyebabkan kontraksi uterus. Di sisi lain, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini seperti pada nanas.

5. Jenis Makanan Tertentu

Ada beberapa makanan yang juga dapat mempercepat menstruasimu datang. Misalnya labu, pepaya, dan wortel yang mengandung karoten, di mana karoten mampu merangsang terjadinya menstruasi.

Selain itu, kamu juga mengonsumsi seledri. Seledri memiliki kandungan zat apiol yang mampu memicu rahim untuk berkontrasi.

Nah, selain tips di atas, sobat Holopis tetap perlu lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mencoba cara-cara tersebut.