HOLOPIS.COM, JAKARTA – Vespa matic jadi kendaraan roda dua yang memiliki penggemar tersendiri, karena model dan warnanya punya daya tarik tersendiri. Namun, bagi Sobat Holopis yang menggunakan Vespa matic juga harus tetap memperhatikan beberapa hal mulai dari kebersihan hingga perawatan mesin.

Menurut Founder Scooter VIP, Dennil Sagita dalam keterangan persnya yang diterima Holopis.com, Senin (24/10). Ada 4 langkah yabg harus dilakukan agar Vespa matic, bisa berfungsi dengan baik. Apalagi saat musim hujan, seperti sekarang ini.

Pertama, hindari genangan air yang terlalu tinggi karena lubang pernafasan CVT berada di bawah bodi motor.

“Tidak berbeda dengan kendaraan matik lainnya, jika air masuk ke dalam CVT, maka kopling Vespa bisa mengalami slip dan alhasil mesin Vespa menjadi mati dan berkendala untuk dihidupkan,” kata Dennil Sagita.

Kedua, meskipun Vespa matik sudah di desain memiliki lapisan anti karat. Saat terkena air hujan segera bilas dengan air biasa lalu di lap dengan lap kering untuk menghindari cat Vespa menjadi kusam dan bisa menimbulkan korosi jika didiamkan terlalu lama.

Ketiga, usahakan untuk memanaskan Vespa matik setiap pagi hari dan jangan lupa melakukan servis rutin agar motor selalu dalam kondisi fit dan layak untuk digunakan. Selain itu, CVT dan saringan udara juga perlu dibersihkan secara rutin.

Langkah terakhir, agar Vespa matic tetap dalam kondisi yang prima jangan lupa selalu cek tekanan angin ban agar tidak terlalu terik ataupun terlalu kendor.

“Selamat mencoba tips-tips ini saat musim hujan, dan pastikan tetap jaga keselamatan. Apabila hujan terlalu lebat, ada baiknya menunggu sesaat dan jangan sampai melewati genangan air,” pungkasnya.