HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengakui ada beberapa kesepakatan yang telah diambil dengan FIFA pasca tragedi kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter terjadi beberapa waktu lalu.

Salah satu kesepakatan tersebut adalah mengenai keberadaan stadion kanjuruhan yang akan diratakan dengan tanah untuk kemudian dibangun dari awal kembali.

“Tadi saya juga meyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk stadion kanjuruhan di Malang juga akan kita runtuhkan,” kata Jokowi kepada Holopis.com di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/10).

Stadion Kanjuruhan Malang
Stadion Kanjuruhan Malang. [Foto: Istimewa]
“Kita bangun lagi sesuai standar FIFA sebagai sebuah contoh standar stadion dengan fasilitas yang baik, terjamin keselamatannya penonton maupun pemain dan juga untuk suporter,” sambungnya.

Jokowi kemudian mengungkapkan, khusus untuk pembangunan kembali stadion kanjuruhan, pemerintah pusat akan mengambil alih seluruhnya prosesnya.

“Yang stadion tadi khusus stadion kanjuruhan akan kita tangani dari pemerintah pusat,” tukasnya.

Diketahui sebelumnya bahwa Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Kepresidenan untuk membahas rencana transformasi sepak bola di Indonesia.