HOLOPIS.COM, JAKARTA – Etika dalam media sosial harus dikedepankan, untuk menjaga kerukunan dan persatuan di tengah masyarakat. Hal tersebut diutarakan oleh, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Citra Rani Angga Riswari.

“Alasan kenapa perlu mengedepankan etika dalam bermedia sosial adalah tentang rekam jejak, keamanan data pribadi, anti plagiarisme, dan menjaga kerukunan maupun persatuan,” ujar Citra Holopis.com, Selasa (18/10).

Etika saat bermedia sosial sangat penting, apalagi dalam berkomunikasi harus ada landasan kesadaran, tanggung jawab, integritas dalam sikap jujur, dan kebajikan dalam nilai-nilai yang memberikan manfaat.

Selain itu Citra menegaskan, masyarakat jangan terlalu mudah mengumbar data pribadi ke internet. Terakhir, dia menyarankan warganet untuk menyaring semua informasi yang diperoleh sebelum dibagikan ke orang lain.

Selain itu, dibutuhkan kehati-hatian dalam berkomunikasi lewat internet, dimana gawai menjadi perantaranya. Citra turut memberikan sejumlah tips berinteraksi di dunia digital, di antaranya mengikuti aturan seperti halnya di dunia nyata, menghindari penyebaran hoaks, ujaran kebencian, pornografi, atau perundungan siber.