HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi sepak bola dunia (FIFA), diklaim telah mencapai kata sepakat dengan pemerintah Indonesia mengenai proses transformasi sepak bola di Indonesia.

Hal tersebut tertuang dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Istana Kepresisdenan, Jakarta.

“Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh, memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA,” kata Jokowi dalam keterangan yang diterima Holopis.com dari laman Setkab.go.id, Selasa (18/10).

Jokowi juga menjelaskan, demi menjamin keamanan pemain dan juga penonton dalam setiap pertandingan, evaluasi stadion harus dilakukan menyeluruh saat ini.

“Baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya. Untuk itu kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya bahwa Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Kepresidenan untuk membahas rencana transformasi sepak bola di Indonesia.

Pertemuan ini merupakan lanjutan ketika pemerintah Indonesia dan FIFA menyetujui untuk melaksanakan transformasi sepak bola di Indonesia.

Dalam prosesnya, perwakilan FIFA akan berkantor di Indonesia dalam menyelesaikan tugas tersebut. Pembentukan transformasi sepak bola ini baru dilaksakan setelah terjadinya tragedi kanjuruhan yang menewaskan ratusan jiwa.