Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizUtang Indonesia Rp4,4 Triliun ke 4 Negara Dihapus, Begini Skemanya

Utang Indonesia Rp4,4 Triliun ke 4 Negara Dihapus, Begini Skemanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Utang Indonesia ke sejumlah negara, yakni Amerika Serikat (AS), Australia, Italia dan Jerman, dengan nilai utang sebesar USD290,50 juta atau setara Rp4,4 triliun (kurs Rp15.300) telah dihapus per September 2022 lalu.

Staf Khusus Menteri Keuangan (Menkeu), Yustinus Prastowo memberikan penjelasan tentang penghapusan utang Luar Negeri tersebut. Ia menjelaskan bahwa penghapusan tersebut dicapai melalui restrukturisasi pinjaman.

“Sebanyak 4 negara kreditur berkomitmen menghapus utang Indonesia lewat skema konversi atau debt swap. Konversi utang yang disepakati adalah ke dalam bentuk program/proyek yang harus dilaksanakan oleh pemerintah RI,” jelas Yustinus melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @prastow, yang dikutip Holopis.com, Senin (17/10).

Dia menerangkan, proyek yang akan dilaksanakan bermacam-macam. Misal dari kreditur Jerman, digunakan untuk proyek pendidikan, edukasi, kesehatan, dan global fund. Sedangkan Australia untuk kesehatan.

“Sementara AS untuk tropical forest, dan debt swap dengan kreditur Italia untuk proyek housing and settlement,” kata dia.

Menurutnya, total kumulatif nilai komitmen debt swap atau utang dihapus yang akan disepakati dengan kreditur bilateral sebesar USD334,94 juta.

“Hingga per 30 Sept 2022 sudah terealisasi sebesar eq USD 290,51 juta. Capaian yang cukup bagus dan menunjukkan mutual trust yang tinggi,” ujar anak buah Menkeu Sri Mulyani.

Sebagai bentuk komitmen terhadap pelaksanaan kegiatan yang disepakati, Yustinus mengungkapkan pemerintah juga turut berkontribusi melaksanakan kegiatan tersebut dengan nilai setara USD215,35 juta atau Rp3,33 triliun.

Hal tersebut menurutnya merupakan cara untuk meneguhkan komitmen dengan sungguh-sungguh. “Jadi jelas penghapusan utang ini memang menimbulkan konsekuensi, namun konsekuensi yang baik,” katanya.

“Sejalan dengan semangat PBB: ketimbang digunakan membayar utang, lebih baik uangnya dipakai untuk berinvestasi dalam ketahanan iklim, infrastruktur berkelanjutan, dan transisi hijau perekonomian,” tandas Prastowo.

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.