HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa dirinya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi masalah klasik di Ibu Kota, yakni banjir.

Strategi yang dimaksud yakni adalah melakukan perbaikan drainase dan memperkuat tanggul. Selain itu, dirinya juga akan menaruh pompa air di sejumlah stempat strategi yang rawan banjir.

“Di Jakarta akan dilakukan, perbaikan drainase, memperkuat tanggul, menaruh pompa di tempat strategis,” ungkap Heru kepada Holopis.com di Balai Kota, Senin (17/10).

Heru Budi Hartono menjelaskan, ada 3 penyebab banjir di Jakarta yakni, rob, hujan yang turun, dan kiriman banjir.

Ia mengatakan, terkait penyebab rob, Pemprov DKI Jakarta akan mengantisipaai dengan membangun waduk di sekitar Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Kemudian bersama dengan pusat NCID dibuat tanggul- tanggul raksasa di lokasi tertentu

“Di Jakarta Utara seperti, Cilincing. Sebagian Jakarta Barat tanggulnya harus diperbaiki,” kata Heru.

Heru mengatakan, kedepan di Jakarta bisa dilakukan revitalisasi saluran-saluran drainase dan pengurasan.

Ia menambahkan, hal tersebut relevan untuk dilakukan dalam waktu dekat ini. Selain itu, melakukan penguatan-penguatan rumah pompa dan menaruh pompa-pompa air di tempat strategis juga diperlukan, seperti di tempat yang sering terjadi kemacetan akibat banjir.

Berikutnya, berkaitan dengan banjir akibat kiriman air dari wilayah lain, Heru menegaskan Pemprov DKI Jakarta akan segera berdiskusi dan berkoordinasi dengan Menteri PUPR. Sehingga, bisa terjalin sinergi dalam melalui permasalahan banjir ini.

Adapun waduk yang menjadi salah satu concern yakni, Waduk Ciawi, Waduk Sukamahi, dan sodetan

Terakhir, ketika ditanya mengenai rencana normalisasi sungai, Heru meminta publik untuk menunggu tindakan Pemprov DKI ke depannya terkait penanganan banjir di DKI Jakarta.