Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

7 Manfaat Pisang bagi Tubuh, Nomer 6 Buat si Berat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis, pasti sangat mudah menemukan buah ini di mana saja. Selain rasanya yang sudah nikmat dimakan langsung, buah ini sering dihidangkan menjadi berbagai jenis makanan. Seperti, sebagai topping roti bakar, kue pisang, milkshake, hingga jenis gorengan.

Namun, tidak hanya untuk dinikmati saja, buah ini mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 7 kandungan pisang yang dikutip Holopis.com dari situs Alodokter (15/10),yang perlu kamu ketahui.

1. Sumber Energi
Karbohidrat dalam pisang dapat menjadi sumber energibagi tubuhmu. Dalam tubuh kita, karbohidrat dipecah menjadi glukosa sebagai sumber bahan bakar. Selain itu, karbohidrat juga diubah menjadi glikogen yang disimpan dalam otot dan hati, dan menjadi energi tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Risiko Penyakit Ginjal
Buah pisang ini ternyata dapat mengurangi risiko stroke. Kandungan kalium yang dimiliki akan membantu fungsi pembuluh darah dengan membawa oksigen ke otak, menjaga detak jantung agar tetap stabil, serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga dapat mencegah risiko ginjal.

3. Mencegah Kerusakan Sel
Buah ini diketahui dapat menurunkan risiko kanker dan berbagai penyakit lainnya. Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan yang dikandung dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang diakibatkan radikal bebas.

4. Mengurangi Mual Bagi Ibu Hamil
Buah pisang ini juga sangat baik dikonsumsi para ibu hamil. Kandungan vitamin B6 yang dikandung dapat mengurangi rasa mual dan rasa muntah. Selain itu, kandungan kalium yang dimiliki juga mampu mengembalikan elektrolit yang hilang karena muntah.

5. Menjaga Kesehatan Usus
Kandungan prebiotik dapat mengatasi diare. Maka, mengonsumsi buah pisang akan dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, serat yang dikandung juga dapat mencegah sembelit hingga kanker usus besar.

6. Menurunkan Berat Badan
Pisang sangatlah cocok dikonsumsi untuk sobat Holopis yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dapat membuat efek kenyang lebih lama. Maka, nafsu makan akan tertahan sehingga sobat Holopis tidak makan berlebihan.

7. Mencegah Tukak Lambung
Pisang dapat berperan sebagai antasida, atau obat untuk meredakan gejala akibat sakit maag atau asam lambung secara alami.

Menurut Sobat Holopis, dari manfaat buah pisang yang mana manfaat yang kalian butuhkan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru