Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Cara Hilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bau mulut yang tidak sedap sering kali dialami setiap orang, hal tersebut tentunya membuat Sobat Holopis tidak percaya diri, bahkan merasa tidak nyaman saat berbicara. Ternyata, kondisi bau mulut menjadi permasalahan umum yang kerap dialami dari segala usia baik anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Dikutip Holopis.com dari situs Alodokter, bau mulut tidak sedap atau halitosis, merupakan kondisi yang ditandai dengan aroma napas mulut yang tidak sedap, disertai dengan mulut kering rasa tidak enak di mulut dan warna putih di lidah.

Penyebab, bau mulut ditimbulkan karena adanya sisa makanan, bakteri dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut terlalu lama, akan dihancurkan oleh bakteri sehingga memicu dan menimbulkan bau tidak sedap.

Selain itu, kondisi kesehatan gigi yang tidak baik menjadi penyebab lain bau mulut, seperti gigi berlubang dan masalah gusi. Sebab itu, bau mulut tidak sedap harus segera diatasi agar tidak menimbulkan berbagai masalah lebih jauh.

Berikut cara mengatasi bau mulut tidak sedap, dijamin mempan

Menjaga Kebersihan Mulut

Salah satu caranya, dengan menjaga kebersihan mulut untuk mencegah bakteri menumpuk penyebab bau mulut. Cara yang bisa dilakukan yakni menggosok gigi dan membersihkan lidah untuk menghilangkan bakteri di permukaannya. Selanjutnya, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Selain itu, bisa gunakan obat kumur untuk membunuh bakteri berlebih di mulut.

Menjaga Asupan Makanan

Asupan makanan perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan mulut agar tidak mengalami bau mulut. Sobat Holopis perlu menghindari makanan dan minuman pemicu bau mulut seperti bawang putih, bombay dan makanan manis. Perhatikan pola makan dengan lebih sering mengkonsumsi buah dan sayuran.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Dengan berhenti merokok juga dapat menjadi solusi menghilangkan bau mulut tidak sedap bagi para perokok. Jika, merasa kesulitan untuk berhenti merokok, Sobat Holopis bisa meminta bantuan dokter untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mulut kering menjadi penyebab bau mulut tidak sedap, kondisi ini bisa dihindari dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya serta mengunyah permen karet bebas gula. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih bisa membuat mulut tetap lembab, sedangkan mengunyah permen karet dapat menstimulasi produksi air liur sehingga mulut tidak kering.

Rutin Mengunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Rutin melakukan pemeriksaan gigi secara teratur ke dokter gigi, setidaknya dua kali dalam setahun untuk mendeteksi dan mencegah berbagai penyakit gigi dan gusi pemicu bau nafas maupun penyakit lainnya.

Nah, 5 cara di atas bisa dicoba Sobat Holopis jika memiliki masalah bau mulut. Langkah-langkah tersebut merupakan upaya untuk menjaga kesehatan mulut. Tapi, jika cara di atas tidak mampu mengatasi bau mulut tidak sedap, jangan malu dan ragu untuk menemui dokter gigi, guna mencari dan menemukan penyebab serta solusi bau mulut yang Sobat Holopis alami.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru