HOLOPIS.COM, JAKARTA – Daun sirih merah asing bagian sebagaian orang. Ternyata, daun ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan.

Khasiat ini sudah dimanfaatkan sejak nenek moyang dan dipertahankan secara turun temurun di Indonesia. Tak heran, daun sirih merah dipercaya ampuh untuk menangani masalah kesehatan.

Daun yang memiliki nama lain piper crocatum biasanya dimanfaatkan dengan cara meminum air rebusannya atau dikunyah secara langsung. Daun sirih merah memiliki kandungan flavonoid, alkaloid, fenol, polifenolat, saponin, tanin, dan minyak atsiri.

Berikut ini, manfaat daun sirih bagi kesehatan :

1. Mencegah infeksi

Dalam sebuah penelitian kandungan fenol dan flavonoid pada daun sirih merah mempunyai sifat anti bakteri yang dapat mencegah berkembangnya bakteri Staphylococcus,

2. Mengatasi rheumatoid arthritis

Selain bersifat anti bakteri, kandungan flavonoid serta fenol juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengobati peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun sirih merah memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Khasiat tersebut didapatkan dari senyawa saponin yang terkandung memiliki sifat anti septik.

Selanjutnya, kandungan tanin juga merangsang terbentuknya kolagen yang membantu tepi luka segera menyusut dan menutup.

4. Mengatasi diabetes

Sejak turun-temurun daun sirih merah dipercaya mengobati penyakit diabetes. Hal tersebut lantaran daun ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah sebanyak 10-38% yang didapat dari kandungan flavonoid, tanin, dan alkaloid.

5. Lawan radikal bebas

Manfaat kali ini didapatkan dari sifat antioksidan daun sirih merah yang baik. Kandungan tanin, alkaloid, polifenol, dan flavonoid membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel di tubuh.

6. Mencegah terbentuknya plak gigi

Khasiat selanjutnya adalah daun sirih merah mampu mencegah pembentukan dan mengurangi bertumpuknya plak gigi. Hal tersebut akibat kandungan minyak atsiri yang menghambat tumbuhnya bakteri yang menimbulkan plak.

7. Mengobati jerawat

Senyawa flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki sifat anti bakteri dapat mengatasi pertumbuhan jerawat di wajah. Caranya dengan membilas muka dengan rebusan daun sirih merah ke wajah.