HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Bandara Kertajati telah siap untuk melayani penerbangan penumpang komersial pada November-Desember 2022 mendatang.

Budi bahkan menyatakan, bandara tersebut sudah siap untuk melakukan penerbangan untuk ibadah umroh bersama dengan penerbangan komersil lainnya.

“Untuk persiapannya, kami telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air. Insha Allah untuk pertama ada 4 (empat) penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi 8 (delapan) penerbangan. Paling tidak ada 2 (dua) penerbangan untuk umroh,” kata Budi (16/9).

Selain itu, saat ini Kemenhub bersama para stakeholder penerbangan telah melakukan upaya pemulihan dengan membuka penerbangan komersial dari Bandara Kertajati ke sejumlah daerah seperti: Kalimantan dan Bali.

“Kita juga menunggu tersambungnya jalan tol dari Bandung pada bulan Oktober. Insha Allah pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai,” ujarnya.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, Bandara Internasional ini akan semakin lengkap karena saat ini sudah konsisten melayani penerbangan kargo, dan nantinya juga akan dibangun pusat perawatan pesawat (Maintenance, Reparation, Overhaul/MRO).