HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ferrari yang terkenal dengan mobil sport mewahnya, luncurkan mobil dengan model baru yakni SUV crossover. Mobil SUV crossover Ferrari ini, diberi nama Purosangue dengan mengandalkan mesin depan berkonfigurasi V12.

Ferrari Purosangue hadir dengan menggunakan empat pintu, yang didesain untuk keluarga. Namun, tidak menghilangkan kecepatan yang juga jadi ciri khas Ferrari.

“Ferrari Purosangue adalah mobil empat pintu, empat tempat duduk pertama dalam sejarah Ferrari, tetapi model dengan dua kursi belakang telah memainkan peran penting dalam strategi perusahaan sejak awal,” ujar Ferrari yang dilansir dari situs resminya, Kamis (15/9).

“Sekarang, dalam puncak dari 75 tahun penelitian terdepan, Ferrari telah menciptakan mobil unik dan merangkum DNA Kuda Jingkrak, dimana kinerja, kesenangan berkendara, dan kenyamanan hidup berdampingan dalam harmoni yang sempurna. Dan itulah mengapa model baru ini disebut Ferrari Purosangue – bahasa Italia yang artinya ras asli,” sambung Ferrari.

Spesifikasi Ferrari Purosangue

Bergaya crossover, mobil ini memiliki tinggi 1.589 mm yang membuatnya lebih ramping dan punya pusat gravitasi yang rendah. Kemudian, pada bagian eksterior bodi aluminium sepanjang 4.973 mm terinspirasi dari coupe Roma Ferrari yang elegan. Ferrari Purosangue hanya memiliki ground clearance 183 mm, yang akan membatasi kemampuan offroad nya.

Mesin yang digunakan, yakni V12 6.500 cc naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 715 daya kuda dengan torsi maksimal 716 Nm. Sistem penggerak semua roda melalui transmisi kopling ganda delapan kecepatan yang dipasang di belakang.

Fitur lainnya, yaitu hill-descent control yang pertama kali digunakan di Purosangue. Lalu, ada juga fitur active roll control melalui penggunaan Multimatic spool-valve damper yang dikontrol secara elektronik.

Ferrari Purosangue
Interior Ferrari Purosangue. (Dok : Ferrari)

Masuk kebagian interior, mirip seperti Ferrari Roma jika dilihat dari luar. Tapi, saat dipertegas lagi interiornya berbeda. Tidak ada layar sentuh di bagian tengah. Sebagai gantinya, pengemudi dan penumpang mendapatkan layar tampilan besar masing-masing.

Untuk harga Ferrari Purosangue, memang belum diketahui pastinya. Namun jika ditaksir, harganya bisa dikisaran US$ 400 ribu atau Rp 5,9 miliaran.