HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setelah pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga BBM, banyak aksi demo yang dilakukan berbagai elemen masyarakat.

Bahkan, demo berlangsung hampir setiap hari di depan gedung DPR RI maupun di kawasan sekitar Istana Merdeka atau Patung Kuda, Monas.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mengatakan, kondisi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara masih aman dan kondusif ditengah gencarnya penolakan kenaikan harga BBM.

“Kami akan mengamankan unjuk rasa, tapi laksanakan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga Jakarta tetap aman. Sampaikan tuntutan maupun aspirasi dengan aman dan tertib tanpa terjadi gesekan yang bisa menimbulkan permasalahan baru,” ujar Untung (8/9).

Selama aksi demo berlangsung, Untung mengatakan berjalan konstruktif dan tidak ada hal bisa menggangu keamanan. Pihaknya juga, selalu melakukan pengamanan setiap aksi demo berlangsung.

“Karena di sinilah (Jakarta) tempat tinggal kita, tempat anak-anak kita untuk menyiapkan diri. Kita semua menjaga Jakarta agar aman, damai sebagai tempat yang nyaman bagi keluarga. Tantangan kita ke depan semakin berat,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, beberapa elemen mulai dari mahasiswa, buruh hingga organisasi masyarakat melakukan demo. Tuntuntan mereka, yakni menolak kenaikan harga BBM.

Penolakan tersebut disampaikan, karena menurut mereka akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Indonesia yang akan semakin terpuruk.